Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Program Tahunan (Prota) Mata Pelajaran Pai Dan Kebijaksanaan Pekerti Kelas 1 Dan 4 Sd


PROGRAM  TAHUNAN (PROTA)  MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan    :   SDN 26 Pemangkat
Kelas                         :   I (satu)
Kompetensi Inti
KI 1     :   Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
KI 2   :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4   :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KETERANGAN
1.1  Terbiasa berdoa sebelum dan setelah berguru sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2  Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
1.3  Mensyukuri karunia dan pemdiberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4   Terbiasa bersuci sebelum diberibadah
1.5   Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.1   Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2   Memiliki sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3   Memiliki sikap hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4   Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5   Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6   Memiliki sikap yang baik saat berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7   Memiliki sikap rajin berguru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8   Memiliki sikap membersihkan badan, pakaian, barang-barang, dan kawasan sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
1 x 4 jam pelajaran
3.3     Mengenal makna Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4.3   Melafalkan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4 x 4 jam pelajaran
4.2.1   Melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2   Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.2  Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S al Fatihah, al-Ikhlas dan al ’Alaq (96): 1-5
9 x 4jam pelajaran

3.1  Mengetahui huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.1  Melafalkan huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
2 x 4jam pelajaran
3.6     Mengenal tata cara bersuci
4.6     Mempraktikkan tatacara bersuci
3 x 4 jam pelajaran
3.8  Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.8  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.10  Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.11  Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.9    Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s
4.9    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
1 x 4jam pelajaran
4.5   Melafalkan doa sebelum dan setelah berguru dengan benar dan jelas
3.5  Mengenal makna do’a sebelum dan setelah belajar
2 x 4 jam pelajaran
4.4  Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
3.4  Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bab dari rukun Islam yang pertama
2 x 4 jam pelajaran
3.7     Memahami șholat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.1 Melaksanakan sholat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
3 x 4 jam pelajaran
3.13  Memahami sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.4     Mencontohkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3 x 4 jam pelajaran
3.14   Memahami sikap saling menghormati antarsesama anggota keluarga
4.5   Mencontohkan sikap saling menghormati antarsesama anggota keluarga
3 x 4 jam pelajaran


Mengetahui
Kepala  Sekolah



Erwanto, S.Pd
Nip. 19711130 199312 1 001
Pemangkat…………………………2014
Guru  PAI



Ruslan. S, S.Pd.I
Nip. 19680707 198905 1 001



PROGRAM TAHUNAN (PROTA)  MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan    :   SDN 26 Pemangkat
Kelas                           :   IV (empat)
Kompetensi Inti
KI 1   :   Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya
KI 2   :   Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, guru, dan tetangganya
KI 3   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan kawasan bermain
KI 4   :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KETERANGAN
1.1   Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan besar
1.2   Menunaikan sholat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT
1.3   Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.4   Menghindari sikap tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.5    Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.6    Meyakini adanya rasul-rasul Allah SWT
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q. S At -Taubah (9): 119 Taubah (9): 119
2.2  Memiliki sikap hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3   Memiliki sikap santun dan menghargai kawan, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Hadiid (57): 9
2.4  Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari sikap kehidupan sehari-hari.
2.5  Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahama n Q.S. Al -‘Alaq (96): 1 -5
2.6   Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw
2.7  Memiliki sikap pantang mengalah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8   Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37
2.9   Memiliki sikap ekonomis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 27Isra
3.6    Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
4.6.1  Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil
4.6.2  Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar
4.6.3   Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
3 x 4 jam pelajaran
3.1     Mengetahui Allah SWT itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
4.1     Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah SWT di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah SWT itu ada.
2 x 4 jam pelajaran
4.3     Membaca Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim dan maknanya
3.3     Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
4 x 4 jam pelajaran
3.15  Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
3.7     Memahami sikap santun dan menghargai kawan, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.15  Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
4.7     Mencontohkan sikap santun dan menghargai kawan, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
2 x 4 jam pelajaran
3.4     Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
4.4     Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
3 x 4 jam pelajaran
3.10  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
3.11  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
3.13  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Musa a.s
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.11  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.13  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s

7 x 4 jam pelajaran

3.4     Mengerti makna kepercayaan kepada malaikat-malaikat Allah SWT menurut pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4.2     Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna kepercayaan kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.2     Mengerti makna kepercayaan kepada malaikat-malaikat Allah SWT menurut pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4 x 4 jam pelajaran
3.8    Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
3.9    Memahami sikap ekonomis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.8   Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.9   Mencontohkan sikap ekonomis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4 x 4 jam pelajaran
3.5     Memahami makna ibadah sholat
4.5.1  Memdiberikan contoh-contoh makna ibadah sholat
4.5.2  Menceritakan pengalaman melakukan sholat di  rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
4 x 4 jam pelajaran
3.14    Mengetahui kisah keteladanan Wali Songo
4.14    Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo
2 x 4 jam pelajaran

Mengetahui
Kepala  Sekolah



Erwanto, S.Pd
Nip. 19711130 199312 1 001
Pemangkat…………………………2014
Guru  PAI



Lahmudin S.Pd.I
Nip. 1966112 198807 1 002



Sumber http://irwansahaja.blogspot.co.id