Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Proses Pembelajaran Di Dalam Kurikulum 2013


Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 terdiri atas pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran ekstrakurikuler.

1. Pembelajaran intrakurikuler
 
    Prinsip-prinsip pembelajaran intrakurikuler sebagai diberikut.
  • a. Proses pembelajaran intrakurikuler ialah proses pembelajaran yang berkenaan dengan mata pelajaran dalam struktur kurikulum dan dilakukan di kelas, sekolah, dan masyarakat. 
  • b. Proses pembelajaran di SD/MI menurut tema sedangkan di SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/MAK menurut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan guru. 
  • c. Proses pembelajaran didasarkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif untuk menguasai Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti pada tingkat yang memuaskan (excepted). 
  • d. Proses pembelajaran dikembangkan atas dasar karakteristik konten kompetensi yaitu pengetahuan yang ialah konten yang bersifat mastery dan diajarkan secara pribadi (direct teaching), keterampilan kognitif dan psikomotorik ialah konten yang bersifat developmental yang sanggup dilatih (trainable) dan diajarkan secara pribadi (direct teaching), sedangkan perilaku ialah konten developmental dan dikembangkan melalui proses pendidikan yang tidak pribadi (indirect teaching). 
  • e. Pembelajaran kompetensi untuk konten yang bersifat developmental dilaksanakan berkesinambungan antara satu pertemuan dengan pertemuan lainnya dan saling memperkuat antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. 
  • f. Proses pembelajaran tidak pribadi (indirect) terjadi pada setiap kegiatan berguru yang terjadi di kelas, sekolah, rumah dan masyarakat. Proses pembelajaran tidak pribadi bukan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) sebab perilaku yang dikembangkan dalam proses pembelajaran tidak pribadi harus tercantum dalam silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk guru. 
  • g. Proses pembelajaran dikembangkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif melalui kegiatan mengamati (melihat, membaca, mendengar, menyimak), menanya (lisan, tulis), menganalis (menghubungkan, memilih keterkaitan, membangun cerita/konsep), mengkomunikasi-kan (lisan, tulis, gambar, grafik, tabel, chart, dan lain-lain). 
  • h. Pembelajaran remedial dilaksanakan untuk memmenolong akseptor didik menguasai kompetensi yang masih kurang. Pembelajaran remedial dirancang dan dilaksanakan menurut kelemahan yang ditemukan menurut analisis hasil tes, ulangan, dan kiprah setiap akseptor didik. Pembelajaran remedial dirancang untuk individu, kelompok atau kelas sesuai dengan hasil analisis jawabanan akseptor didik.
  • i. Penilaian hasil berguru mencakup beberapa aspek seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan alhasil segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan.

2. Pembelajaran ekstrakurikuler

Pembelajaran ekstrakurikuler ialah kegiatan yang dilakukan untuk acara yang dirancang sebagai kegiatan di luar kegiatan pembelajaran terpola secara rutin setiap minggu.Kegiatan ekstrakurikuler terdiri atas kegiatan wajib dan pilihan.Pramuka ialah kegiatan ekstrakurikuler wajib.Kegiatan ekstrakurikuler wajib dinilai yang alhasil dipakai sebagai unsur pendukung kegiatan intrakurikuler.

Sumber:
TIM. 2014. Materi Petes Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs : Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sumber http://irwansahaja.blogspot.co.id