Perkembangan Kala Cukup Umur (Masa Abg)
Istilah adolescent (remaja) dan adolescence (masa remaja) berasal dari bahasa Latin ADOLESCERE, yang artinya tumbuh ke arah kematangan baik secara fisik, psikis, dan sosial .Masa remaja terbagi menjadi dua periode : periode remaja awal dan periode remaja akhir. Salah penanganan, remaja bisa kehilangan arah dan selesai berperilaku tidak baik ibarat sikap menyimpang seksual (seks bebas, suka berfoto telanjang, bahkan hingga menjual diri), terjebak keduania hedonist hitam (mabuk-mabukan, menjadi junky atau pecandu narkoba), tawuran atau langgar dan banyak lagi.
Penanganan secara persuasif sangat penting semoga kedua orangtua bisa mendidik anak mereka ke arah yang lebih baik. Tugas seorang guru spesialuntuk mempersembahkan pengetahuan dan spesialuntuk punya waktu yang sangat sedikit untuk mendidik dari sekian jumlah siswa yang cukup banyak. Tidak pantas orang bau tanah siswa, menyalahkan guru, jikalau anak mereka sehabis pulang sekolah berbuat atau berperilaku buruk. Itu ialah kewajiban dari orang bau tanah siswa itu sendiri, maka orang bau tanah siswa baik di jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas mempersembahkan waktu yang lebih untuk memperhatikan dan membimbing.
Pada dikala ini, kecanggihan teknologi sangat pesat, meski sangat banyak mempunyai manfaat, teknolgi juga sanggup mempersembahkan imbas buruk. Penyalahgunaan ponsel dan kamera digital contohnya, dimana berbagai bertebaran foto-foto bugil abg atau remaja dan video porno mereka. Hal ini diperburuk lagi dengan penerapan media umum yang salah ibarat facebook dan twitter yang dipakai sebagai media penyebar gambar yang sangat efektif.
Masih banyak lagi duduk kasus yang terjadi, hendaknya Orang bau tanah selalu menjadi partner anak mereka dalam segala hal. Pendekatan persuasif sangat penting ibarat menjadi orang bau tanah pujian anak, orang bau tanah yang demokratis sebagai daerah segala curhatan hati anaknya, dan menjadi pembimbing mereka dalam mengenal dunia dan Tuhan Yang Maha Esa. Maka perlunya mengetahui apa saja yang mensugesti masa remaja seorang anak sangat di utamakan. Berikut sedikit pembagian terstruktur mengenai ihwal masa remaja seorang anak.
KARAKTERISITIK MASA REMAJA
a.Masa remaja ialah periode penting.
b.Masa remaja ialah periode peralihan.
c.Masa remaja ialah periode perubahan.
d.Masa remaja ialah masa bermasalah
e.Masa remaja ialah masa yg tidak realistis.
f.Masa remaja ialah masa mencari indentitas.
g.Masa remaja ialah ambang masa dewasa.
PERKEMBANGAN PADA MASA REMAJA
a.Perkembangan fisik
1)Proporsi badan remaja, khususnya remaja selesai sudah menyamai proporsi badan orang dewasa.
2)Berkat perkembangan ciri-ciri seks sekundernya, remaja, khususnya remaja selesai , secara fisik sudah menyamai orang dewasa.
b.Perkembangan sikap seksual
1)Perilaku seksual ialah sikap yang terjadi alasannya ialah dorongan seksual.
2)Timbul rasa tertarik pada lawan jenis.
3)Timbul dorongan seksual.
4)Timbul fantasi-fantasi seksual
5)Pendidikan seks dibutuhkan semoga sikap seksual remaja tidak menyimpang dari norma.
c.Perkembangan intelektual
1)Kemampuan intelektual hingga pada tingkat operasi formal.
2)Mampu melaksanakan penalaran.
3)Mampu memikirkan masa depan dan membuat perencanaan untuk mencapainya.
4)Mampu menyadari acara kognitifnya dan prosedur yg membuat proses kognitif tersebut menjadi lebih efisien.
c.Perkembangan emosi
1)Emosionalitas remaja berada diantara emosionalitas bawah umur dan orang dewasa.
2)Masa remaja ialah masa angin ribut dan tekanan (STURM UND DRANG PERIODE).
3)Berkembang beberapa jenis perasaan ibarat : simpati, cinta, rindu, cemburu, senang dicinta dan mencintai.
d.Perkembangan sosial
1)Perilaku sosial remaja banyak dipengaruhi oleh kelompok mitra usia sebaya (peer group).
2)Terjadi pengelompokan sosial (teman erat karib, kelompok kecil, kelompok besar, dan gang).
3)Terjadi peningkatan dalam kemampuan menyesuaikan diri.
4)Terjadi perubahan dalam pembiasaan thd kelompok besar ke kelompok yg lebih kecil.
5)Perilaku sosialnya menjadi lebih tenang.
e.Perkembangan moral
1)Seiring dg perkembangan kognitifnya, remaja memandang aspek moral dg abstraksi .
2)Penilaian thd moralitas semakin kognitif.
3)Penilaian moral mengalami orientasi dari egosentri, ke sosiosentris, dan jadinya ke prinsip universal.
4)Pada remaja, evaluasi moral secara psikologis lebih mahal.
TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
1)Mencapai hubungan yg gres dan lebih matang dengan mitra sebaya.
2)Mencapai peranan sesuai dg jenis kelabuinnya.
3)Menerima keadaan fisik apa adanya.
4)Mencapai kebebasan emosional dari orang bau tanah dan orang sampaumur lainnya.
5)Membuat planning yang bekerjasama dengan karirnya.
6)Mampu berperilaku sosial dan seksual secara bertanggung jawaban.
7)Memperoleh perangkat nilai dan sistem akhlak sebagai aliran berperilaku.
GANGGUAN JIWA/PERILAKU YG DAPAT TERJADI PADA REMAJA
Sumber:
KUNTJOJO.2008. UNP Kediri