Strategi Pembelajaran Aktif Dan Langkah-Langkahnya Matpel Al-Qur’An Dan Hadits
1. CRITICAL INCIDFENT (PENGALAMAN PENTING)
Metode ini digunakan ketika pembelajaran akan dimulai. Tujuan mengaktifkan siswa semenjak awal dengan memakai pengalamannya. Metode ini sangat sempurna pada bahan yang praktis, misal guru akan mengajarkan tata cara sholat. Langkah-langkah pembelajara nya sbb:
a. Guru memberikan bahan yang akan diajarkan
b. Guru meminta siswa mengingat pengalaman yang bekerjasama dengan bahan yang akan disampaikan
c. Guru menghubungkan pengalaman siswa dengan bahan ajar
2. EXAMPLES NON EXAMPLES
CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YG RELEVAN DENGAN KD
LANGKAH-LANGKAH:
a. GURU MEMPERSIAPKAN GAMBAR-GAMBAR SESUAI DENGAN PEMBELAJARAN
b. GURU MENEMPELKAN GAMBAR DI PAPAN ATAU DITAYANGKAN/ LCD.
c. GURU MEMBERI PETUNJUK DAN MEMBERI KESEMPATAN PADA SISWA UNTUK MEMPERHATIKAN /MENGANALISA GAMBAR
d. MELALUI DISKUSI KELOMPOK 2-3 ORG SISWA, HASIL DISKUSI DARI ANALISA GAMBAR TERSEBUT DICATAT PADA KERTAS
e. TIAP KELOMPOK DIBERI KESEMPATAN MEMBACAKAN HASIL DISKUSINYA
f. MULAI DARI KOMENTAR/HASIL DISKUSI SISWA, GURU MULAI MENJELASKAN MATERI SESUAI TUJUAN YANG INGIN DICAPAI
g. KESIMPULAN
3. PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkahnya:
a. GURU MENYAMPAIKAN KOMPETENSI YG AKAN DICAPAI
b. MENYAJIKAN MATERI SEBAGAI PENGANTAR
c. GURU MENYAJIKAN/MENUNJUKKAN GAMBAR-GAMBAR KEGIATAN BERKAITAN MATERI
d. GURU MENUNJUK/MEMANGGIL SECARA BERGANTIAN
MEMASANG/MENGURUTKAN GAMBAR-GAMBAR SECARA LOGIS
e. GURU MENANYAKAN ALASAN URUTAN GAMBAR TSB.
f. DARI ALASAN / URUTAN GAMBAR GURU MENANAMKAN KONSEP/MATERI SESUAI DENGAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
g. KESIMPULAN
4. COOPERATIVE SCRIPT= SKRIP KOOPERATIF
MERUPAKAN METODE DI MANA SISWA BEKERJA BERPASANGAN DAN BERGANTIAN SECARA LISAN MENGIHTISARKAN, BAGIAN-BAGIAN DARI MATERI YANG DIPELAJARI
LANGKAH-LANGKAH:
a. GURU MEMBAGI SISWA BERPASANGAN
b. GURU MEMBAGIKAN WACANA/MATERI TIAP SISWA UNTUK DIBACA DAN MEMBUAT RINGKASAN
c. GURU DAN SISWA MENETAPKAN SIAPA YANG PERTAMA BERPERAN SEBAGAI PEMBICARA DAN SIAPA YANG BERPERAN SEBAGI PENDENGAR
d. PEMICARA MEMBACAKAN RINGKASANYA SECARA LENGKAP, DENGAN MEMASUKKAN IDE POKOK DALAM RINGKASANYA, SEDANGKAN PENDENGAR: MENYIMAK, MENGOREK, MENUNJUKKAN IDE YANG MASIH KURANG, MEMBANTU MENGINGATKAN IDE-IDE POKOK DENGAN MENGHUBUNGKAN MATERI SEBELUMNYA ATAU MATERI LAINYA
e. BERTUKAR PERAN
f. KESIMPULAN BERSAMA SISWA
5. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
Langkah-Langkah Pembelajaran:
a. siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b. penugasan didiberikan kepada setiap siswa menurut nomor thd kiprah yang berangkai, misal: siswa nomor satu bertugas mencatat soal, siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan, dst.
c. bila perlu, guru sanggup menyuruh kerjasama antar kelompok. Siswa diminta keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam peluang ini, siswa dalam kiprah yg sama saling memmenolong atau mencocokkan hasil kolaborasi mereka.
d. laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok lain
e. kesimpulan
6. STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVIONS)= TIM KELOMPOK PRESTASI
Langkah-langkah:
a. Membentuk kelompok yg beranggota 4 secara heterogen, prestasi, jenis kelabuin, dll
b. Guru menyajikan pelajaran
c. Guru memdiberi kiprah kepada kelompok untuk dikerjakan oleh angota-anggota kelompok. Anggota yang sudah mengerti sanggup mengambarkan kepada yg lain hingga seleuruh anggota kelompok tsb mengerti
d. Guru memdiberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada ketika menjawaban kuis dihentikan saling memmenolong
e. Memdiberi evaluasi
f. Kesimpulan
7. JIGSAW(MODEL (TIM AHLI)
Langkah-langkah:
a. Siswa dikelompokkan kedalam 4 anggota tim
b. Tiap siswa dalam tim didiberikan bahan yang tidak sama
c. Tiap orang dalam tim didiberi potongan bahan yg ditugaskan
d. anggota dari tim yang tidak sama yg sudah mempelajari bagian/sub sub yang bertemu dalam kelompok baru(kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub potongan mereka
e. sesudah diskusi sebagai tim andal tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar mitra satu tim mereka ttg sub potongan yang mereka kuasai dan tiap anggota lainya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
f. tiap tim andal mempresentasikan hasil diskusi
g. guru memdiberi evaluasi
h. penutup
8. PROLEM BASED INTRODUCTION (PBI)
Langkah-langkah:
a. GURU MENJELASKAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI DAN MENYEBUTKAN SARANA ATAU ALAT PENDUKUNG YANG DIBUTUHKAN. MEMOTIVASI SISWA UNTUK TERLIBAT DALAM AKTIFITAS PEMECAHAN MASALAH YANG DIPILIH
b. GURU MEMBANTU SISWA MENDEFINISIKAN DAN MENGORGANIASIKAN TUGAS BELAJAR YG BERHUBUNGAN DENGAN MASALAH TSB(MENETAPKAN TOPIK, TUGAS DAN JADWAL, DLL)
c. GURU MENDORONG SISWA UNTUK MENGUMPULKAN INFORMASI YG SESUAI EKSPREIMEN UNTUK MENDAPATKAN PENJELASAN DAN MASALAH, PENGUMPULAN DATA, HIPOTESIS, DAN PEMECAHAN MASALAH
9. ARTIKULASI
LANGKAH-LANGKAH:
a. GURU MENYAMPAIKAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
b. GURU MENYAMPAIKAN MATERI
c. UNTUK MENGETAHUI DAYA SERAP, DIBENTUK KELOMPOK BERPASANGAN DUA ORANG
d. MENUGASKAN SALAH SATU SISWA DARI PASANGAN ITU MENCERITAKAN MATERI YG BARU DITERIMA DARI GURU DAN PASANGANYA MENDENGARKAN SAMBIL MEMBUAT CATATAN-CATATAN KECIL, KEMUDIAN BERGANTI PERAN, BEGITU JUGA KELOMPOK LAINYA
e. MENUGASKAN SISWA SECARA BERGILIRAN/DIACAK MENYAMPAIKAN HASIL WAWANCARANYA DENGAN TEMAN PASANGANYA, SAMPAI SEBAGIAN SISWA SUDAH MENYAMPAIKAN HASIL WAWANCARANYA
f. GURU MENGULANGI/MENJELASKAN MATERI YG SEKIRANYA BELUM DIPAHAMI SISWA
g. KESIMPULAN
10. MAKE- A MATCH (MENCARI PASANGAN)
LANGKAH-LANGKAH:
a. GURU MENYIAPKAN BEBERAPA KARTU YG BERISI BEBERAPA KONSEP ATAU TOPIK YG COCOK UNTUK SESI REVIW, SEBALIKNYA SATU BAGIAN KARTU SOAL DAN BAGIAN KARTU LAINYA JAWABNNYA
b. SETIAP SISWA MENDAPATKAN SATU BUAH KARTU
c. TIAP SISWA MEMIKIRKAN JAWABAN/SOAL DARI KARTU YG DIPEGANG
d. SETIAP SISWA MENCARI PASANGAN YG MEMPUNYAI KARTU YANG COCOK DENGAN KARTUNYA (SOAL JAWABAN)
e. SETIAP SISWA YG DAPAT MENCOCOKKAN KARTUNYA SEBELUM BATAS WAKTUNYA DIBERI POINT
f. SETELAH SATU BABAK KARTU DIKOCOK LAGI AGAR SETIAP SISWA MENDAPAT KARTU YANG BERBEDA DARI SEBELUMNYA, DST
g. KESIMPULAN
11. THINK PAIR AND SHARE
LANGKAH-LANGKAH:
a. GURU MENYAMPAIKAN INTI MATERI DAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
b. SISWA DIMINTA UNTUK BERFIKIR TTG MATERI/PERMASALAHAN YG DISAMPAIKAN GURU
c. SISWA DIMINTA BERPASANGAN DENGAN SEBELAHNYA DAN MENGUTARAKAN HASIL PEMIKIRANYA MASING-MASING
d. GURU MEMPIMPIN PLENO KECIL DISKUSI, TIAP KELOMPOK MENGEMUKAKAN HASIL DISKUSINYA
e. BERAWAL DARI KEGIATAN TSB, GURU MENGARAHKAN PEMBICARAAN PADA POKOK PERMASALAHAN DAN MENAMBAH MATERI YG BELUM DIUANGKAPKAN PARA SISWA
f. GURU MEMBERI KESIMPULAN
12. DEBAT
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a. GURU MEMBAGI 2 KELOMPOK PESERTA DEBAT YG SATU PRO DAN LAIN KONTRA
b. GURU MEMBERI TUGAS MEMBACA MATERI YG AKAN DIDEBATKAN OLEH KEDUA KELOMPK TSB
c. SETELAH MEMBACA MATERI, GURU MENUNJUK SALAH SATU ANGGOTA KELOMPOK PRO UNTUK BERBICARA, KEMUDIAN DITANGGAPI OLEH POK KONTRA. DST SAMPAI SEBAGIAN BESAR MENGEMUKAKAN PENDAPATNYA
d. SEMENTARA SISWA MENYAMPAIKAN GAGASANNYA, GURU MENULIS INTI/IDE SETIAP PEMBICARAAN SAMPAI MENDAPATKAN SEJUMLAH IDE
e. GURU MENAMBAHKAN IDE/GAGASAN YG BELUM LENGKAP
f. DARI DATA YG DIUNGKAP TSB, GURU MENGAJAK SISWA MEMBUAT KESIMPULAN SESUAI TOPIK.
13. ROLE PLAYING
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a. GURU MENYUSUN SKENARIO YG AKAN DITAMPILKAN
b. MENUNJUK BEBERAPA SISWA UNTUK PELAJARI SKENARIO BEBERAPA WAKTU SEBELUM KBM
c. GURU MEMBENTUK KELOMPOK YANG ANGGOTANYA 5 ORANG
d. MEMBERIKAN KOMPETENSI YG INGIN DICAPAI
e. MEMANGGIL PARA SISWA YG SUDAH DITUNJUK UNTUK MELAKONKAN SKENARIO YG SUDAH DISIAPKAN
f. MASING-MASING SISWA BERADA DIKELOMPOKNYA SAMBIL MENGAMATI SKENARIO YG SEDANG DIPERAGAKAN
g. SETELAH SELESAI DITAMPILKAN, MASING-MASING SISWA DIBERIKAN LEMBAR KERJA UNTUK MEMBAHAS PENAMPILAN MASING-MASING KELOMPOK
h. MASING-MASING KELOMPOK MENYAMPAIKAN KESIMPULANYA
i. GURU MEMBERIKAN KESIMPULAN SECARA UMUM
j. EVALUASI
k. PENUTUP
14. GROUP INVESTIGATION
LANGKAH-LANGKAHNYHA:
a. GURU MEMBAGI KELOMPOK MENJADI BEBERAPA KELOMPOK HETEROGEN
b. GURU MENJELASKAN MAKSUD PEMBELAJARAN DAN TUGAS KELOMPOK
c. GURU MEMANGGIL KETUA KELOMPOK DAN SETIAP KELOMOK MENDAPAT TUGAS SATU MATERI/TUGAS YANG BERBEDA DARI KELOMPOK LAIN
d. MASING2 KELOMPOK MEMBAHAS MATERI YG SUDAH ADA SECARA KOOPERATIF YANG BERSIFAT PENEMUAN
e. SETELAH SELESAI DISKUSI, JURU BICARA KELOMPK MENYAMPAIKAN HASIL PEMBAHASAN KELOMPOK
f. GURU MEMBERIKAN PENJELASAN SINGKAT SEKALIGUS MEMBERIKAN KESIMPULAN
g. EVALUASI
15. BERTUKAR PASANGAN
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a. SETIAP SISWA BERPASANGAN(BEBAS)
b. GURU MEMBERI TUGAS DAN SISWA MENGERJAKAN DENGAN PASANGANYA
c. SETELAH SELESAI LALU BERGABUNG DENGAN PASANGAN LAIN
d. KEDUA PASANGAN KEMUDIAN BERTUKAR PASANGAN, KEMUDIA PASANGAN BARU SALING MENANYAKAN DAN MENCARI KEPASTIAN JAWABAN MEREKA
e. TEMUAN BARU YG DIDAPAT DARI PERTUKARAN PASANGAN KEMUDIAN DIBAGIKAN KEPADA PASANGAN SEMULA
16. STUDENT PASILITATOR AND EXPLANING
LANGKAH-LANGKAHNYA:
a. GURU MENYAMPAIKAN KOMPETSINYA YG AKAN DICAPAI
b. GURU MENYAJIKAN MATERI
c. MEMBERIKAN KESEMPATAN SISWA UNTUK MENJELASKAN KEPADA SISWA LAINYA, MISALNYA MELALUI BAGAN/PETA KONSEP
d. GURU MENYIMPULKAN IDE/PENDAPAT DARI SISWA
17. DEMONSTRATION
LANGKAHNYA:
a. GURU MENYAMPAIKAN KOMPETENSI
b. MENYAJIKAN GAMBARAN SEKILAS MATERI YG AKAN DIBAHAS
c. MENYIAPKAN BAHAN ATAU ALAT BYG DIPERLUKAN
d. MENUNJUK SALAH SEORANG SISWA MENDEMONTRASIKAN SESUAI SKENARIO YG TELAH DISIAPKAN
e. SELURUH SISWA MEMPERHATIKAN DEMONTRASI DAN MENGALISANYA
f. TIAP SISWA MENGEMUKAKAN HASIL ANALISANYA DAN JUGA PENGALAMAN SISWA DIDEMONTARASIKAN
g. GURU GURU MEMBUAT KESIMPULAN
18. KELILING KELOMPOK
MAKSUDNYA AGAR MASING2 ANGGOTA KELOMPOK MENDAPAT KESEMPATAN UNTUK MEMBERIKAN KONTRIBUSI MEREKA DAN MENDENGARKAN PANDANGAN DAN PEMIKIRAN ANGGOTA LAINYA:
LANGKAHNYA:
a. SALAH SATU DARI MASING2 KELOMPOK MENILAI DENGAN MEMBERIKAN PANDANGAN DAN PEMIKIRANYA MENGENAI TUGAS YG SEDANG MEREKA KERJAKAN
b. SISWA BERIKUTNYA JUGA MELAKUKAN YANG SAMA
c. DEMIKIAN SETERUSNYA GILIRAN BICARA BISA DILASANAKAN ARAH PUTARAN JAM ATAU DARI KIRI KE KANAN
19. Tukar Pendapat (exchanging viewpoints)
a. Tujuan
Kegiatan ini sanggup digunakan dalam merangsang keteribatan segera dalam bahan pelajaran. Strategi ini mengingatkan penerima didik biar menjadi pendengar yang hati-hati dan membuka diri terhadap aneka macam sudut pandang.
b. Prosedur
1. Bagilah kartu nama kepaada seluruh penerima didik dan mintalah mereka mengisi namanya.
2. Mintalahlah penerima didik memperkenalkan diri pada orang lain, kemudian mintalah pasangan untuk saling tukar respon terhadap pertanyaan, stattemen, opini yang menantang, mengundang utnuk diteliti, kemudian mintalah opini atau komentar mereka wacana isu yang berkembang terkena bahan yang sedang dibahas.
3. Mintalah penerima didik tukar menukar kartu nama, kemudian mintalah penerima didik, kemudian menyebarkan pandangan terhadap pandangan patnernya terlampau (yang kartunnya sedang dipegang atau dipakai)
4. Mintalah penerima didik menaruh kembali kartu nama yang dipegangnya, kemudian mencari kartu nama lain untuk diajak bertukar pendapat terhadap pandangan yang kartunya sedang mereka pakai
5. Lanjutkan hingga masing-masing penerima didik saling bertemu, dan kemudian diberitahu penerima didik untuk mendapat kartunya kembali
20. PERTANYAAN PESERTA DIDIK ( Question Studen Have)
a. Bagikan kartu kosong kepada setiap siswa.
b. Mintalah setiap siswaq menulis beberapa pertanyaan yang mereka miliki wacana mata pelajaran atau pelajaran yang sedang dipelajari(tidakboleh mencamtumkan nama pesrta didik).misalnya,seorang penerima mungkin bertanya;”Bagaimana perbedaan Aljabar II dengan Aljabar i? ”Akankah ada karangan /tugas tamat untuk pelajaran ini? ”.
c. Putarlah kartu tersebut searah keliling jarum jam.Kketika setiap kartu diedarkan pada penerima diberikutnya,dia(pria/wanita) harus membacanya dan mempersembahkan tanda cek pada kartu itu apabila kartu itu meliputi pertanyaan terkena pembaca.
d. Saat kartu kembali pada penulisnya, setiap penerima akan sudah menyidik seluruh pertanyaan kelompok tersebut.Ppoin ini,mengindentifikasi pertanyaan yang memperoleh bunyi terbanyak. Jawab masing-masing pertanyaan tersebut dengan; A . Jawaban eksklusif atau mempersembahkan jawabanan yang berani;
1. Menunda pertanyaan hingga waktu yang tepat; atau
2. Pertanyaan tersebut tidak menunjukkan suatu pertanyaan.
e. Panggil beberapa penerima menyebarkan pertanyaan secara sukarela, sekalipun mereka tidak memperoleh bunyi terbanyak.
f. kumpulkan tiruana kartu.Kartu tersebut mungkin mencakup pertanyaan yang mana anda mungkin menjawabannya dipertemuan diberikutnya.
Sumber http://irwansahaja.blogspot.co.id