Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lks Ipa Smp Perihal Pembagian Terstruktur Mengenai Benda

Lks ipa kelas 7 kurikulum 2013 -  Berikut ini akan ada aksesori lagi terkena Lomba Kompetensi Siswa IPA Sekolah Menengah Pertama dimana, pada postingan yang sudah kemudian juga sudah pernah saya posting terkena Lembar Kerja Siswa IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013.


Berikut ini akan ada aksesori lagi terkena Lomba Kompetensi Siswa IPA Sekolah Menengah Pertama dimana Lomba Kompetensi Siswa IPA Sekolah Menengah Pertama Tentang Klasifikasi Benda

LEMBAR KERJA SISWA 
(LKS KLASIFIKASI BENDA)

Kelompok                                  :...........................................................
Anggota                                      :1........................................................
                                                     2........................................................
                                                     3........................................................
                                                     4........................................................
                                                     5........................................................
I.  Tujuan                      
Menunjukkan sifat zat padat, cair dan gas

II.  Alat dan Bahan        
1.      Beberapa zat padat menyerupai batu, kapur tulis, lilin mainan, dan penghapus
2.      Beberapa zat cair menyerupai air, minyak wangi, minyak goreng
3.      Literan, botol 1 liter, kaleng 1 liter

III.  Kerja
1.   Pindah-pindahkan batu, kapur, penghapus dan lilin dari satu daerah ke daerah yang lain. Perhatikan bentuk dan volume benda-benda tersebut. Tuliskan hasil pengamatanmu!
2.   Tekanlah batu, kapur, lilin dan penghapus dengan jarimu. Perhatikan bentuk benda-benda itu ketika ditekan dan setelah tekanan jari dilepaskan. Tuliskan hasil pengamatanmu!
3.   Ambil air 1 liter dengan literan. Bagaimana bentuk air dan berapa volumenya? Tuangkan air ke dalam botol 1 liter. Sekarang bagaimana bentuknya dan berapa volumenya? Tuliskan hasil pengamatanmu!
4.   Ulangi dengan minyak atau zat cair lainnya. Tuliskan hasil pengamatanmu!
5.   Perhatikan ban motor  yang sudah dipompa, kemudian ban sepeda yang sudah dipompa!Perubahan apa yang engkau lihat? Tuliskan hasil pengamatanmu!

IV.   Hasil Pengamatan
1.   Bentuk dan volume benda-benda padat setelah dipindah dari satu daerah ke daerah yang lain.........................
2.   Bentuk dan volume benda-benda padat setelah ditekan............
3.   Bentuk dan volume air setelah dipindah dari satu daerah ke daerah yang lain.........................
4.   Bentuk dan volume minyak setelah dipindah dari satu daerah ke daerah yang lain.........................
5.   Bentuk dan volume ban sebelum dipompa.........sesudah dipompa...................

V.    Kesimpulan :
1.   Bagaimana bentuk batu, kapur, lilin dan penghapus di suatu daerah dibanding di daerah yang lain?
2.   Bagaimana volume batu, kapur, lilin dan penghapus selama dipindah-pindahkan?
3.   Bagaimana bentuk batu, kapur, lilin dan penghapus ketika ditekan dengan jarimu? Bagaimana bentuknya setelah jarimu dilepas?
4.   Bagaimana bentuk air selama dipindah-pindah? Bagaimana volumenya?
5.   Bagaimana dengan minyak atau zat cair lainnya?
6.   Bagaimana bentuk dan volume udara dalam ban motor? Bagaimana bentuk dan volume udara dalam ban sepeda?
7.   Buatlah kesimpulan dalam suatu laporan kegiatan!

SELAMAT BEKERJA



LEMBAR KERJA SISWA 
(Sifat asam dan basa dengan kertas lakmus)
Kelompok                                  :...........................................................
Anggota                                      :1........................................................
                                                     2........................................................
                                                     3........................................................
                                                     4........................................................
                                                     5........................................................

I.  Tujuan :

Siswa sanggup mengelompokkan materi kimia keseharian dadlam asam, basa dan garam memakai indikator kertas lakmus.

II.  Alat dan bahan
1.      Plat tetes
2.      Pipet tetes
3.      Lakmus merah dan biru
4.      Cuka dapur
5.      Air kapur
6.      Larutan garam
7.      Sabun

III.  Prosedur Kerja

1.   Siapkan plat tetes dan kertas lakmus
2.   Teteskan 2 tetes larutan asam cuka pada kertas lakmus merah dan biru, amati perubahan yang terjadi.
3.   Ulangi larutan garam pada lakmus merah dan biru yang lain amati lagi perubahan-perubahan yang terjadi, catat pada tabel pengamatan!

IV.   Tabel Pengamatan

Lakmus
Warna lakmus mula-mula
Warna lakmus setelah ditetesi larutan
Cuka
Air kapur
Larutan garam
Sabun
Lakmus merah
Merah
Lakmus biru
Biru

V.  Pertanyaan

1.      Bagaimana perubahan warna lakmus merah dan lakmus biru di dalam larutan asam.
2.      Bagaimana perubahan warna lakmus merah dan lakmus biru di dalam basa.
3.      Bagaimana perubahan warna lakmus merah dan lakmus biru di dalam larutan garam.
4.      Buat kesimpulan ihwal sifat asam, basa dan garam dari percobaan ini.


SELAMAT BEKERJA

Demikian dulu postingan saya terkena Lomba Kompetensi Siswa IPA SMP, Sedangkan untuk materi serta materi powerpointnya juga sudah pernah kami postingkan. yang pastinya selalu akan kami update. Salam Berbagi.